Minggu, 05 April 2015

Konservasi Arsitektur ( Ancient Siam City )

Siam Kuno (dulu dikenal sebagai Kota Kuno) (bahasa Thai: เมืองโบราณ, Mueang Boran) adalah taman yang dibangun atas biaya Lek Viriyaphant dan meliputi wilayah seluas 200 acres (0.81 km2) yang berbentuk Thailand.
Ide awal pembuatnya adalah membuat lapangan golf yang dihiasi dengan berbagai benda-benda yang berhubungan sejarah Thailand. Ketika melakukan riset, ternyata dia mengtahui bahwa banyak benda-benda yang dimaksud telah rusak seiring waktu. Akhirnya diputuskan untuk membuat replika dari struktur-struktur tersebut dalam ukuran asli atau skala yang lebih kecil.
Siam Kuno disebut sebagai museum luar ruangan terbesar di dunia. Terletak di dekat Peternakan Buaya di provinsi Samut Prakan, tempat seluas 320-hektar ini memiliki 116 monumen dan bangunan bersejarah dan terkenal di Thailand. Bentuk tanah Siam Kuno disesuaikan dengan bentuk Thailand dan tiap monumen diletakkan di lokasi yang akurat secara geografis. Beberapa replika berukuran asli, sedangkan beberapa lainnya berukuran lebih kecil.
Replika-replika tersebut dibangun dengan bantuan para ahli dari Museum Nasional untuk memastikan keakuratan. Replika yang terkenal di antaranya adalah bekas Istana Agung Ayutthaya (hancur ketika Invasi Burma 1767), Suaka Phimai di Nakhon Ratchasima, dan Wat Khao Phra Viharn di perbatasan Kamboja.
Setiap negara mempunyai bangunan heritage berupa bangunan dan kota tua. Adanya bangunan heritage ini merupakan dokumen sejarah dan “sumber kisah” dari kemegahan dan kejayaan masa lalu.
Di Bangkok terdapat kawasan bernama Ancient Siam (Ancient City). Kawasan ini biasanya disebut kawasan wisata kota tua. Di kawasan ini dibangun bangunan dengan arsitektur yang menjadi ikon di kota-kota provinsi di Thailand. Dengan demikian, tempat ini merupakan tempat berbagai bangunan heritage-nya kota-kota di Thailand yang disatukan seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang terdapat di Jakarta.
Ancient Siam ini mempunyai luas sekitar 250 hektare. Bentuknya sesuai dengan peta negara Thailand. Area Ancient Siam diisi dengan duplikat bangunan megah dengan berbagai ukuran seperti candi, istana, pasar terapung, restoran, patung, gunung, danau, taman, dan masih banyak lagi.
Di sini, terdapat ratusan candi yaitu bangunan yang dibuat identik menyerupai bangunan yang ada atau bangunan kuno dari seluruh Thailand. Di sini, wisatawan juga akan melihat beberapa bangunan yang menakjubkan, termasuk beberapa bangunan seperti Wat Arun, The Grand Palace, dan pasar terapung.



Museum of Siam

Dibuka untuk umum pada tahun 2008, Museum of Siam menawarkan berbagai pengalaman baru baik untuk turis maupun warga Thailand disini.

Dibagi menjadi 3 zona, museum ini memamerkan sesuatu yang berkualitas. Zona pertama adalah Discovery Zone, disini pengunjung bisa mendapatkan ilmu melalui proses mencari dan menemukan. Lanjut ke zona kedua yang bertajuk Collection Zone, disini pengunjung bisa melihat budaya, sejarah, hingga seni. Kemudian, zona ketiga yang diberi nama Knowledge Zone, pengunjung bisa menggali ilmu pengetahuan dalam bentuk berwujud maupun tidak berwujud. Keseluruhan zona, berusaha untuk menjawab segala sesuatu tentang orang gua Thailand, Suvarnabhumi, bagaimana Ayutthaya, peperangan yang pernah terjadi dalam sejarah Thailand, hingga pertanyaan tentang siapa yang menggambar peta Thailand untuk pertama kali.
Di museum seluas 3000 meter persegi ini, memamerkan apa yang disebut sebagai An Essay on Thailand. Segala hal tentang Thailand Kuno, Siam, hingga Thailand Modern pun diungkit disini. Tidak hanya itu, museum ini juga memberikan fasilitas kepada pengunjungnya untuk melihat video berdurasi singkat, namun penuh makna. Selain itu, pengunjung juga akan dihibur melalui DVD, jurnal, hingga buku terkait dengan Thailand. Selain aula besar tempat benda-benda dipertontonkan, disini terdapat pula ruangan seminar dan workshop, cafe, dan toko souvenir.

Sumber : 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar