Minggu, 05 April 2015

Konservasi Arsitektur ( Hue City )

Huế merupakan nama kota di Vietnam. Letaknya di bagian timur. Tepatnya di Provinsi Thua Thien-Hue. Pada tahun 2005, kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 340.000 jiwa. Pada tahun 1802 dan 1945, kota ini merupakan ibu kota Dinasti Nguyến. Kota ini terletak 540 km dari selatan Hanoi dan 644 km utara Hồ Chí Minh.
Hue dulunya adalah ibu kota kerajaan pada masa pemerintahan Dinasti Nguyen. Dinasti Nguyen adalah dinasti kekaisaran terakhir di Vietnam (berkuasa tahun 1802 – 1945), jadi relatif masih baru. Sisa-sisa dari kebesaran kota ini antara lain adalah Citadel, yaitu kompleks yang dulunya adalah istana pada jaman Dinasti Nguyen, dan Royal Tombs, yaitu beberapa kompleks makam para kaisar jaman dahulu. Kota ini tercatat sebagai Warisan Budaya UNESCO pada tahun 1993. Hingga saat ini keturunan dari Dinasti Nguyen masih hidup dan tinggal di pengasingan di Perancis.
Setelah Vietnam menjadi negara komunis, kejayaan Hue meredup. Posisinya berubah menjadi kota biasa yang tidak terlalu tersentuh oleh modernisasi hingga akhir-akhir ini. Nampaknya, baru saat kami datang, kota ini baru mulai menggeliat untuk menggapai kembali kejayaannya. Waktu pertama kali tiba di kota Hue dan diantar dari bandara ke hotel, kami melewati suatu area perumahan yang nampak baru, dimana masih banyak tanah kosong. (Bayangkan daerah perumahan di Cibubur dua belas tahun yang lalu.) Mungkin lima tahun lagi Hue sudah menjadi kota bisnis dan pariwisata yang ramai dengan banyak perumahan baru.
Karena dulunya adalah kota kerajaan, maka di sini ada banyak sekali situs historis yang bisa menjadi tempat wisata. Ada kompleks istana, kompleks makam kaisar, gedung-gedung bersejarah, kebun atau taman bersejarah, dan juga pusat turisme modern seperti pasar dan wisata kuliner. Berikut adalah tempat-tempat yang kami kunjungi selama dua hari kami tinggal di sana.

Hue Imperial City (The Citadel)

Ini adalah kompleks istana kekaisaran pada jaman Dinasti Nguyen. Pada saat Perang Vietnam di tahun 1960-an, kompleks ini hancur akibat serangan dari pihak-pihak yang berperang, baik dari pihak Vietnam Utara maupun dari pihak Vietnam Selatan dan tentara Amerika. Posisi Hue yang strategis, yaitu dekat dengan perbataran Vietnam Utara dan Vietnam Selatan menyebabkan tempat ini menjadi rebutan di antara kedua kekuatan tersebut.
Di saat ini, sebagian kompleks istana ini sudah hancur dan sulit untuk diperbaiki lagi.

 Thien Mu Pagoda

Tempat Wisata Menarik selanjutnya adalah Thien Mu Pagoda (Hue),Vietnam.Pagoda Thien Mu di Hue adalah sebuah pagoda tertinggi di Vietnam. Pagoda ini menghadap ke Sungai Parfum dan dianggap sebagai simbol yang tidak resmi dari bekas ibukota kekaisaran.Candi ini dibangun pada tahun 1601 pada masa pemerintahan Lords Nguyễn.
Pada awal dibangun bangunan ini sangatlah sederhana, tetapi seiring waktu berjalan terus dipugar dan diperluas dengan berbagai fitur yang lebih rumit.

Tu Duc Tomb


Ini adalah kompleks makam dari salah satu kaisar Dinasti Nguyen yang bernama Kaisar Tu Duc. Kompleks seluas 12 hektar ini dibagi menjadi dua areal, yaitu areal kuil (Temple Area) dan areal makam (Tomb Area). Kompleks ini dianggap sebagai kompleks makam kaisar yang paling indah, karena memiliki beberapa taman dan kolam yang melambangkan gunung dan sungai.

Sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar